Arsy
Vol. 8 No. 2 (2024): Arsy : Jurnal Studi Islam

Pengaruh Discovery Learning terhadap Pemahaman dan Kreativitas Santri pada Mata Pelajaran Ilmu Nahwu

M Hadziq Azizi (Universitas Darul 'Ulum)
Tadjoer Ridjal Ridjal (Universitas Darul Ulum)
Abdul Rouf (Universitas Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman dan kreativitas santri pada mata pelajaran ilmu nahwu. Penelitian ini dilaksanakan di pondok pesantren Miftahul Huda Lampung Tengah pada bulan juni hingga juli 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan satu kelompok dengan pengujian pretest dan posttest yang dianalisis dengan menggunakan model paired sample t test. Populasi pada penelitian ini berjumlah 26 orang sehingga semuanya menjadi sampel yang disebut dengan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman santri pada mata pelajaran ilmu nahwu menunjukkan peningkatan yang sebelumnya rata-rata 59,23 menjadi 90,26 dengan hasil pengujian t = 10,414 ( p < 0,05 ). Sementara pengaruh discovery learing terhadap kreativitas santri pada mata pelajaran ilmu nahwu meningkat dari rata-rata 59,23 menjadi 90,26 dengan hasil pengujian t = 9,861 ( p < 0,05 ). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasannya model discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman dan kreativitas santri pada mata pelajaran ilmu nahwu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...