Arsy
Vol. 8 No. 2 (2024): Arsy : Jurnal Studi Islam

Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Keteladanan Dan Pembiasaan

Shodiq, Musta'in (Unknown)
Kuswanto, Kuswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembentukan karakter religius siswa melalui pendidikan berbasis keteladanan dan pembiasaan di SMP Darul ‘Ulum Agung Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi utama yang diterapkan mencakup empat pendekatan utama, yaitu tadarus Al-Qur'an, shalat berjamaah, pengajian rutin, serta pembiasaan sikap religius dalam aktivitas harian. Peran guru sebagai teladan terbukti memiliki dampak signifikan dalam membentuk karakter religius siswa. Guru yang disiplin, bertutur kata baik, serta konsisten menjalankan ibadah bersama siswa mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi perkembangan moral dan spiritual siswa. Selain itu, metode pembiasaan yang meliputi aktivitas rutin seperti doa bersama, salam, senyum, dan sapa, turut memperkuat nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari siswa. Faktor pendukung keberhasilan strategi ini meliputi keterlibatan aktif guru dan dukungan penuh pihak sekolah, sedangkan faktor penghambat utamanya adalah pengaruh lingkungan sosial yang kurang mendukung. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan berbasis keteladanan dan pembiasaan merupakan pendekatan efektif dalam membentuk karakter religius siswa, yang berperan penting dalam membangun generasi muda yang berakhlak mulia, disiplin, dan memiliki kesadaran spiritual yang tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...