Permasalahan yang terjadi yaitu adanya kesenjangan antara pendidikan agama Islam yang berkaitan dengan pembelajaran fiqih, akidah ahklak, dan AlQur’an hadits dengan praktik ibadah siswa yang terjadi di lapangan, yaitu seperti banyak siswa yang bermalas-malasan dalam melaksanakan sholat dzuhur maupun sholat dhuha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam terhadap praktik ibadah siswa di SMP Kosgoro Jombang, penelitian ini dilakukan pada tanggal tanggal 13 April sampai dengan 23 Juni tahun ajaran 2023 di SMP Kosgoro Jombang. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kuantitatif korelasi yang digunakan untuk penelitian dengan populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 22 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Data hasil peneltian dianalisis dengan uji t yaitu nilainya 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima (Ha) diterima, dan juga bisa dilihat pada uji koefisien determinasi diketahui nilai R Square yaitu sebesar 0,498 atau 49,8 %. Maka dari itu menunjukan bahwa 49,8 % praktik ibadah siswa dipengaruhi oleh variabel pendidikan agama Islam dan 50,2 % dipengaruhi oleh faktor lainya, artinya pendidikan agama Islam berpengaruhsignifikan terhadap Praktik Ibadah siswa di SMP Kosgoro Jombang
Copyrights © 2023