Kemampuan menghafal al-Qur’an adalah suatu kesanggupan yang dilakukan seseorang untuk menghafal ayat demi ayat, baris demi baris, surat demi surat yang ada di dalam al-Qur’an. Al-Qadhi melalui penelitiannya di Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Qur’an dapat merasakan sebuah perubahan psikologis yang sangat besar, penurunan depresi, kesedihan, dan ketenangan jiwa. Bacaan al-Qur’an berpengaruh besar hingga 97% dapat menciptakan sebuah ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit. MA. Darul Falah Jetis Mojokerto merupakan sekolah dibawah naungan pondok pesantren yang memfasilitasi para santri untuk menghafalkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan hafalan Al- Qur’an siswa MA. Darul Falah Mojokerto, 2) Menganalisis pengaruh kemampuan hafalan Qur’an terhadap prestasi belajar para siswa, 3) Menganalisis pengaruh kemampuan menghafal Qur’an terhadap akhlak al-karimah para siswa. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Data-data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan hafalan terhadap prestasi belajar siswa yakni sebesar 0,835 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Dan untuk kemampuan hafalan Al-Qur’an terhadap pembentukan akhlak terdapat pengaruh yakni sebesar 0,842 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.
Copyrights © 2023