Arsy
Vol. 9 No. 1 (2025): Arsy : Jurnal Studi Islam

Revitalisasi Madrasah Diniyah: Kunci Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Mojotrisno

Tanjudan, Tanjudan Sukma Winata (Unknown)
Farid, Mochamad Farid Ubaidillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Fokus penelitian meliputi strategi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam menginternalisasi nilai-nilai moral dan keagamaan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Madrasah Diniyah di SD Negeri Mojotrisno dilakukan melalui pendekatan integratif dengan memadukan metode klasikal, ekstrakurikuler, serta program keagamaan berbasis pengalaman langsung. Implementasi ini terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan religiositas. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan sarana pembelajaran. Studi ini merekomendasikan peningkatan metode pengajaran dan penyediaan fasilitas pendukung agar implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah semakin optimal dalam membentuk karakter siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...