Arsy
Vol. 9 No. 1 (2025): Arsy : Jurnal Studi Islam

Internalisasi Nilai Kitab Ta'lim Al-Muta'allim untuk Penguatan Karakter Santri di Pesantren

Agus, Agusmin (Unknown)
Basuni, Rocman Basuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) untuk manganalisis nilai-nilai yang terdapat di dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim (2) untuk manganalisis proses/metode implementasi nilai-nilai yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri di asrama Bani Umar (3) untuk manganalisis peningkatan pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri di asrama Bani Umar (4) untuk manganalisis faktorfaktor pendukung Dan hambatan dalam pembentukan atau peningkatan pendidikan karakter pada santri di asrama Bani Umar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) nilai-nilai yang terdapat di dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim yaitu niat dalam belajar; tawakkal ; dan memilih ustadz/guru (2) proses/metode implementasi nilai-nilai yang terdapat dalam kitab Ta’lim alMuta’allim pada santri di asrama Bani Umar yaitu dengan menerapkan metode bandongan (3) peningkatan pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri di asrama Bani Umar berupa sikap tawaddhu‟, membangun interaksi dan relasi (4) aktor-faktor pendukung dan hambatan dalam pembentukan atau peningkatan pendidikan karakter pada santri di asrama BaniUmar terdiri dari faktor keluarga dan faktor lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...