Inventor: Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 1 No 3 (2023): Edisi Oktober

Pengaruh Pengaruh Implementasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiber Optik

Apriyati Rahmi Pateda Pateda (Universitas Negeri Gorontalo)
Arip Mulyanto (Universitas Negeri Gorontalo)
Sitti Suhada (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

This research aims to determine the influence of augmented reality implementation in improving students learning outcomes in the Fiber Optics material of the Wide Area Network Technology subject. This research empolys an experimental method with a Pre-Experimental Design. This research was conducted at SMK Negeri 1 Suwawa and the research subjects were 29 students from class XI TKJ B. The processed data in this research include the pretest and posttest results of the students. The average score obtained in the pretest, conducted without augmented reality media ware 46.03, while the posttest results for learning using augmented reality media were 67.75. The research results indicate a significant value or sig based on the data analysis using an independent sample t-test on the learning outcomes scores. (2-tailed) of 0.000 was obtained. According to the hypothesis and decision making criteria, if the sig. (2-tailed) value <0.05, then is accepted, and is rejected. Conversely, if the sig. (2-tailed) value >0.05, then is rejected, and is accepted. Based on the data obtained, it can be concluded that (there is no significant difference between the learning outcomes of students without implementing media and the learning outcomes of students using augmented reality-based learning media) is rejected, and (there is a significant difference between the learning outcomes of students without implementing media and the learning outcomes of students using augmented reality-based learning media) is accepted. In conclusion, implementing augmented reality-based learning media influences improving students learning outcomes in the Fiber Optics material at SMK Negeri 1 Suwawa. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi augmented reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fiber optik mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimen-Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Suwawa dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI TKJ B yang berjumlah 29 orang. Data yang diolah dalam penelitian ini berupa hasil belajar pretest dan posttest peserta didik. Nilai rata-rata yang diperoleh pada pretest yakni pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran augmented reality sebesar 46,03 sedangkan hasil belajar posttest pembelajaran menggunakan media pembelajaran aungmented reality sebesar 67,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data menggunakan uji independen sampel t-test pada skor hasil belajar diperoleh signifikan atau sig.(2-tailed) sebesar 0,000, dimana menurut hipotesis dan dasar pengambilan keputusan jika nilai sig.(2-tailed)<0,05 maka diterima dan ditolak dan jika nilai sig. (2-tailed) > 0,05, maka ditolak dan diterima. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa tanpa menerapkan media dan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis augmented reality) ditolak dan (ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa tanpa menerapkan media dan hasil belajar siswa dengan menerapakan media pembelajaran berbasis augmented reality) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fiber optik di SMK Negeri 1 Suwawa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inventor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

INVENTOR: Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi menerbitkan artikel dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang diterbitkan 3 kali setahun yaitu periode Februari, Juni, dan Oktober. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk diterbitkan dalam jurnal ini adalah hasil penelitian yang ...