CEJou
Vol. 4 No. 2 (2023): Central Journal of Education (CEJou) December

AKSELERASI METODE QIRO’ATI DALAM MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN ANAK USIA DINI DI TPQ DARUSSALAM DESA KETEGAN KECAMATAN REJOSO KABUPATEN PASURUAN

Nasihin, Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala, guru dan siswa TPQ Darussalam Desa Ketegan Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Akselerasi metode Qiro’ati dalam mewujudkan mutu lulusan anak usia dini di TPQ Darussalam Desa Ketegan Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dilakukan dengan memberikan tambahan jam belajar pada waktu pagi pukul 07.00-08.30, sehingga santri anak usia dini mampu menyelesaikan pembelajaran buku Qiro’ati 6 jilid dengan cepat. 2) Upaya mewujudkan mutu lulusan anak usia dini di TPQ Darussalam Desa Ketegan Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan adalah a) Penyusunan program dengan baik, b) Meningkatkan kualitas guru melalui pembinaan rutin, c) Evaluasi kegiatan secara berkala. 3) Faktor pendukung akselerasi metode Qiro’ati dalam mewujudkan mutu lulusan anak usia dini di TPQ Darussalam Desa Ketegan Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan adalah a) Kualitas guru yang memiliki syahadah, b) Motivasi belajar santri yang tinggi, c) Sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat adalah a) Tingkat kemampuan santri yang berbedab) Beberapa santri datang terlambat, c) Kondisi lingkungan TPQ yang kurang kondusif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cejou

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The focuses of the manuscript received in the CEJou journal is limited to the topic: 1. Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 2. Biology Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 3. Mathematics Education (Media, Educational Policy, ...