Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menilai apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar IPAS pada siswa kelas V di UPT SPF SD INPRES BTN IKIP 1, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Subjek penelitian meliputi seluruh siswa kelas VB, sebanyak 16 siswa, dan guru kelas tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor angket siswa pada siklus I adalah 2,55 dengan tingkat ketuntasan 63,75%, yang dikategorikan rendah. Pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 22,75% dengan skor rata-rata 3,46 dan ketuntasan mencapai 86,50%, yang tergolong tinggi. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024