Jurnal Lempu
Vol. 1 No. 3 (2024): November

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III

Anastasia Restu Pratiwi (Universitas Negeri Makassar)
Widya Karmila Sari Achmad (Universitas Negeri Makassar)
Lisnawati (UPT SPF SDN Kompleks Ikip)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Penelitian yang dilakukan di kelas III di SDN Kompleks IKIP pada semester I tahun pelajaran 2024/2025 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kompleks IKIP Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025. Sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar bahasa Indonesia. Data prestasi belajar dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan: nilai rata-rata kelas minimal 75 dan ketuntasan secara klasikal minimal 80%. Data awalnya baru mencapai nilai 67,45 dengan ketuntasan belajar 41%, pada siklus I naik menjadi 69,23 dengan ketuntasan belajar 41%, dan pada siklus II naik menjadi 89,54 dengan ketuntasan belajar mereka sudah tercapai 88,8%. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diterapkan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Kompleks IKIP Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...