ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 5 (2023): Anthor 2023

Menumbuhkan Kesejahteraan Emosional Anak Usia Dini Melalui Program Bimbingan Konseling

Fauziah Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Najwa Kholida (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fitrah Isna Muhabbah Nst (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Elfina Yanti Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas program bimbingan konseling dalam meningkatkan kesejahteraan emosional anak usia dini. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman anak-anak dalam program bimbingan konseling tersebut. Metode ini juga memungkinkan peneliti untuk menjelajahi berbagai aspek yang relevan dengan kesejahteraan emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan anak-anak usia dini yang mengikuti program bimbingan konseling. Wawancara tersebut dirancang untuk memahami persepsi mereka tentang perasaan mereka sebelum dan setelah mengikuti program, serta pengaruh program tersebut terhadap kesejahteraan emosional mereka. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang beragam, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman anak-anak dalam program bimbingan konseling. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para praktisi pendidikan dan konselor dalam merancang dan mengimplementasikan program bimbingan konseling yang efektif dalam menumbuhkan kesejahteraan emosional anak usia dini, serta memberikan dasar yang kuat untuk masa depan mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...