ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 3 No 1 (2024): Anthor 2024

Implementasi Penghargaan dan Penghayatan Nilai-nilai Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55 Palembang

Tiyas, Melati Ayuning (Unknown)
Safitri, Sani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, dimana nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila menjadi identitas manusia Indonesia Pancasila merupakan cerminan Masyarakat Indonesia yang dicita-citakan, implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila perlu ditananmkan sejak dini mulai dari Pendidikan Sekolah Dasar dikarenakan adanya budaya luar yang masuk sehingga penghargaan dan penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila perlu di tekankan lebih dalam lagi agar peserta didik mempunyai budi pekerti yang luhur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi penghargaan dan penghayatan nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 55 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai implementasi nilai-nilai Pancasila di SD Negeri 55 Palembang, jenis penelitian ini adalah deskriptif dimana peneliti menjelaskan secara deskripsi implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wali kelas dan siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 55 Palembang yang berlokasi di Jl. Jend. Bambang Utoyo Komp. Pakri No.1054, Duku, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114. Dan waktu penelitian dilakukan pada saat PPL 1 selama 2 Minggu di Bulan September 2023.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah di SD Negeri 55 Palembang telah mengimplentasikan penghargaan dan penghayatan nilai-nilai Pancasila baik di ruang kelas maupun dilingkungan sekolah, dan pengimplementasian ini dibimbing oleh wali kelas, meskipun ada beberapa anak yang masih kurang dalam mengimpementasikan nilai-nilai Pancasila namun Sebagian besar siswa sudah menerapkan penghargaan dan penghayatan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...