Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Sawerigading Palopo; pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Sawerigading Palopo; dan pengaruh secara simultan kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Sawerigading Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di rumah sakit Sawerigading sebanyak 20.871 orang dengan sampel sebanyak 100 orang yang gunakan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh kualitas pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan; terdapat pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Sawerigading Palopo; dan secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan farmasi dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Sawerigading Palopo. Implikasi penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan fasilitas menjadi variabel penting dalam menentukan kepuasan pasien sehingga pihak rumah sakit dan pemerintah perlu meningkatkan layanan tersebut.
Copyrights © 2024