Penelitian ini membahas mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pasien Ruang rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba sebanyak 1093 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian dari sebagian dari pasien Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba sebanyak 92 orang. Pada penelitian ini sampel diambil menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan mutu reliability (kehandalan) terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara, nilai p sebesar 0,000 < 0,05. Ada hubungan mutu responsiveness (daya tanggap) terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara, nilai p sebesar 0,020 < 0,05. Ada hubungan mutu assurance (jaminan) terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara, nilai p sebesar 0,035 < 0,05. Ada hubungan mutu empathy (empati) terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara, nilai p sebesar 0,000 < 0,05. Ada hubungan mutu tangibles (bukti fisik) terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara, nilai p sebesar 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2024