BAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Bakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pembelajaran Pengukuran Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Peserta Didik SD Negeri 04 Indralaya Selatan

Anita Desiani (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Sugandi Yahdin (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Hermansyah (Prodi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Ogan Ilir, 30862, Indonesia)
Ali Amran (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Bambang Suprihatin (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Muhammad Azwar Annas (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Mega Tiara Putri (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Carolina Rahman (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Alga Mahida (Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Matematika merupakan sebuah pelajaran yang cukup sulit bagi banyak peserta didik. Sistem pembelajaran yang diajarkan bisa menjadi faktor peserta didik menyukai pelajaran Matematika. Salah satu metode belajar yang mudah dipahami dan mengasyikkan untuk peserta didik yaitu metode pembelajaran Matematika realistik. Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Matematika Realistik dilakukakan di Sekolah Dasar Negeri 04 Indralaya Selatan di desa Beti yang memiliki 68 peserta didik dan 11 guru. Kegiatan ini diberikan pada sisa kelas 2 dan kelas 3 karena proses pengajaran ini difokuskan pada materi pengukuran. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pemberian materi, latihan dan diskusi. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dilakukan pre-test dan post-test untuk materi Matematika pengukuran yang telah diberikan. Dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan terlihat pemahaman siswa kelas 2 dan kelas 3 meningkat. Hal ini dapat diliat dari skor yang diperoleh sebelum dilakukan kegiatan yaitu rata-rata hanya 66.33 poin. Hasil setelah dilakukan kegiatan skor rata-rata dari peserta naik menjadi 80. Hal ini menunjukan pembelajaran Matematika pengukuran dengan pendekatan Matematika realistik mampu membantu dan meningkatkan minat dari siswa dalam mempelajari Matematika terutama bagi siswa kelas 2 dan kelas 3 SD Negeri 04 Indralaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bakti

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus jurnal ini terarah pada publikasi ilmiah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan lembaga lain, yang meliputi: pengembangan dan pendidikan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, penguatan kapasitas masyarakat, dan solusi berkelanjutan, termasuk penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, ...