Idarah: Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol 1 No 1 (2024): Idarah: Jurnal Manajemen Pemasaran

Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Toko Cantik Pamanukan

Zaenudin, Udin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Diketahui bahwa Lokasi dan Kualitas Pelayananan Produk Kosmetik Wardah masih belum optimal. Permasalahan yang timbul adalah apakah Lokasi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Toko Cantik Pamanukan?. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun secara parsial. Rancangan penelitian adalah survey. Jenis penelitian termasuk explanatory research. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang hubungan antar variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 53 responden. Variabelvariabel Lokasi, Kualitas Pelayann dan keputusan pembelian didapat dengan menggunakan teknik accidental sampling dan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke responden. Analisis data menggunakan analisis statistik model korelasi dan regresi berganda dengan bantuan Software SPSS 21 for Windows. Untuk menguji setiap item pada setiap variabel telah dilakukan uji validitas dan reabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial : 1. Lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. T hitung 2,603 > T tabel 2,00758. 2. Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. T hitung 3,722 > T tabel 2,00758. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai F hitung dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh F hitung 23,864 > F tabel 3,18 yang berarti signifikan. Maka Ho ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan lain-lain terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Idarah: Jurnal Manajemen Pemasaran merupakan jurnal yang fokus dan ruang lingkupnya mempublikasikan artikel ilmiah tentang Manajemen Pemasaran yang merupakan hasil penelitian ilmiah dari berbagai akademisi dan peneliti yang belum dipublikasikan di tempat ...