Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 SD MUHAMADDIYAH 22 GALANG TERHADAP PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Doni Doni (Universitas Negeri Medan)
Ephipanias Sembiring (Universitas Negeri Medan)
M. L. Sihite (Universitas Negeri Medan)
Namira Aulia (Universitas Negeri Medan)
N. E. Silitonga (Universitas Negeri Medan)
U. S. Harahap (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 22 Galang terhadap materi pecahan dalam pembelajaran matematika. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 20 siswa sebagai populasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa 60% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam penguasaan konsep pecahan. Namun, masih terdapat 40% siswa yang mengalami kesulitan, terutama dalam memahami konsep dasar yang mendasari pecahan. Beberapa faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa antara lain kurangnya penguasaan konsep prasyarat dan pendekatan pembelajaran yang masih berfokus pada hafalan rumus. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran yang variatif dan latihan tambahan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan, sehingga diharapkan siswa dapat mencapai KKM dengan lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...