Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 1 (2025)

Penerapan Project Based Learning dalam Mengalihwahanakan Teks Hikayat ke Cerita Pendek

Titin Setiartin Ruslan (Universitas Siliwangi)
Nadia Bella Mulkillah (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan mengalih wahanakan teks hikayat menjadi cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Metode Eksperimen bertujuan untuk mengetahui sebab akibat antara variable yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 87,7%. Model pembelajaran Project Based Learning berkontribusi 64,7% terhadap peningkatan kemampuan mengalihwanakan teks hikayat ke dalam bentuk cerita pendek. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan mengalih wahanakan teks hikayat menjadi cerita pendek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...