Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

ANALISIS KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 106806 CINTA RAKYAT

Fahrur Rozi (Unknown)
Asiah Ramadhani (Unknown)
Farah Nabila (Unknown)
Nabila Syahara (Unknown)
Niko Alriadi Sinaga (Unknown)
Rani Natalia Purba (Unknown)
Suhaila Haya Nasution (Unknown)
Thety A.R Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran tematik dalam Kurikulum Merdeka bertujuan mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan bermakna bagi siswa. Namun, penerapannya di Sekolah Dasar masih menghadapi tantangan, seperti perbedaan kemampuan siswa, keterbatasan sarana, dan kurangnya keterlibatan orang tua. Penelitian ini menganalisis implementasi pembelajaran tematik di SDN 106806 Cinta Rakyat, mengidentifikasi tantangan guru, serta mengeksplorasi solusi untuk meningkatkan efektivitasnya. Dengan metode kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur, hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran tematik sudah diterapkan, masih dibutuhkan variasi strategi, seperti pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis proyek. Kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran tematik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...