Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MA Patra Mandiri Palembang, dengan fokus pada efektivitas dan efisiensi dalam memenuhi kebutuhan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah sebagai informan kunci untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang proses dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengadaan sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan sarana dan prasarana di MA Patra Mandiri dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Proses dimulai dengan pengumpulan usulan dari berbagai pihak, diikuti dengan analisis kebutuhan yang dilakukan secara berkala untuk menentukan prioritas pengadaan. Pengelolaan anggaran, terutama dari dana BOS, menjadi elemen kunci dalam proses ini, di mana alokasi dana harus disesuaikan dengan kebutuhan mendesak dan kemampuan finansial sekolah. Rencana pengadaan disusun secara transparan dan melibatkan semua pihak terkait untuk memastikan kelancaran pelaksanaan. Faktor-faktor pendukung utama termasuk ketersediaan anggaran dan kompetensi sumber daya manusia, sedangkan tantangan utama meliputi ketidakseimbangan antara jumlah siswa dan sarana yang tersedia serta keterbatasan dana. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya koordinasi dan solusi kreatif dalam mengatasi hambatan untuk meningkatkan kualitas pengadaan sarana dan prasarana serta mendukung proses pendidikan yang optimal di MA Patra Mandiri.
Copyrights © 2025