Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar bidang sering dilakukan dengan memberikan motivasi dari orangtua, teman, dan tenaga pendidik. Namun, terkadang orangtua kesulitan dalam mendampingi anakanak karena kesibukan atau karena materi pelajaran yang kurang dipahami. Untuk mengatasi masalah tersebut, dengan memberikan layanan bimbingan belajar bisa menjadi solusi yang efektif. Layanan bimbingan belajar bertujuan membantu perkembangan anak-anak dalam proses belajar dan memotivasi mereka. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MI Miftahul Ulum Pandanarum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian komparatif adalah penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan dalam aspek atau variabel yang diteliti. Menggunakan analisis data yaitu: analisis deskriptif, uji normalitas, uji mann-whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Dilihat dari nilai yang diperoleh nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu Ha diterima dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah di MI Miftahul Ulum Pandanarum
Copyrights © 2025