Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration
innovation in the digital era

Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani melalui Permainan Gobak Sodor pada Siswa Mts

Taufiq Firmansyah (Unknown)
Arief Nur Wahyudi (Unknown)
Kartika Septianingrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengidentifikasi aktivitas siswa melalui penggunaan permainan tradisional gobak sodor dalam meningkatkan kebugaran di kelas VII B MTS Ma'arif Tempursari. Tujuan kedua adalah untuk mengevaluasi hasil dari permainan gobak sodor dalam upaya meningkatkan kebugaran siswa di kelas yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kebugaran siswa melalui lari jarak 2,4 km dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 12-13 tahun. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II, dengan persentase yang meningkat dari 67,1% menjadi 83,5%. Penggunaan permainan gobak sodor juga terbukti memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan kebugaran siswa, yang tercermin dari peningkatan tingkat keberhasilan siswa dari siklus ke siklus. Dengan demikian, kesimpulan dapat diambil bahwa penggunaan permainan gobak sodor efektif dalam meningkatkan kebugaran siswa dalam pembelajaran PJOK, khususnya pada topik kebugaran jasmani.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TLS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tamilis Synx (E-ISSN 3026-3972) is a blind peer-reviewed journal published by Edujavare Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of multidisciplinary science (See Focus and Scope). This journal articles ...