Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration
innovation in the digital era

Optimalisasi Biaya Minimum untuk Promosi Sekolah Menengah Kejuruan dengan Metode Linear Programing

Natalia Betty Ansanay (Unknown)
Astrin Aprilia Umasugi (Unknown)
Hardiana (Unknown)
Ryan Aditya (Unknown)
Heru Sutejo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Ampari menghadapi tantangan dalam mengalokasikan anggaran promosi secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan biaya promosi Sekolah Menegah Kejuriuan Ampari dengan menggunakan metode linier programing. Metode linier programing dipilih karena kemampuannya dalam menemukan solusi optimal untuk masalah pengalokasian sumber daya terbatas. Penelitian ini mengumpulkan data terkait biaya-biaya promosi yang dikeluarkan oleh Sekolah Menegah kejuruan Ampari, seperti biaya iklan, biaya pameran, biaya kunjungan ke sekolah, dan lain-lain. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan model linier programing untuk menentukan kombinasi kegiatan promosi yang dapat meminimalkan biaya total promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode linier programing, Sekolah Menegah kejuruan Ampari dapat mengoptimalkan biaya promosi hingga 20% dari anggaran sebelumnya. Strategi promosi yang dihasilkan meliputi alokasi dana yang lebih efisien pada kegiatan-kegiatan promosi tertentu, seperti peningkatan anggaran untuk iklan digital dan pengurangan biaya pameran. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi Sekolah Menengah Kejuruan Ampari dalam mengelola anggaran promosi secara optimal. Selain itu, temuan ini juga dapat menjadi referensi bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengoptimalkan biaya promosi menggunakan pendekatan linier programing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TLS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tamilis Synx (E-ISSN 3026-3972) is a blind peer-reviewed journal published by Edujavare Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of multidisciplinary science (See Focus and Scope). This journal articles ...