Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration
Vol. 2 No. 04 (2024): Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration

Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan Visioner Dalam Pengembangan Pendidikan

Laila Amalia Putri (Unknown)
Nurdiana, Yiyik (Unknown)
Zakiyah (Unknown)
Tamrin Fathoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penulisan karya ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai agen perubahan visioner dalam pengembangan pendidikan saat ini. Penelitian ini menggnakan penelitian literature review yaitu metode tinjauna pustaka komprehensif dengan mengambil informasi dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku teks, serta laporan penelitian. Analisis dilakukan secara deskritif dengan mengidentifikasi tema utama, merangkum berbagai informasi, dan menafsirkan berbagai temuan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian tersebut adalah peran kepala sekolah dalam memberi arah, bimbingan, serta perubahan sangatlah penting bagi pengembangan pendidikan, melalui pembentukan nilai dan norma di sekolah. Peran kepemimpinan kepala sekolah yang tepat untuk mewujudkan perkembangan pendidikan bisa di lihat melalui cara kerja kepala sekolah, pengimplementasian visi sekolah, serta tanggung jawabnya terhadap berbagai hal yang terkait perubahan dalam menngembangkan pendidikan tersebut. Dari data diperoleh menunjukkan bahwa sebagai agen perubahan, kepala sekolah memiliki peran penting yaitu membangun serta menumbuhkan kesadaran dalam perubahan ke arah yang lebih baik dan mengembangkan serta menciptakan visi dan misi perubahan untuk perkembangan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TLS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tamilis Synx (E-ISSN 3026-3972) is a blind peer-reviewed journal published by Edujavare Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of multidisciplinary science (See Focus and Scope). This journal articles ...