Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu
Vol. 3 No. 1 (2025): Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu

Revolusi Komunikasi: Mengoptimalkan Narasi Positif Sekolah-Masyarakat Di Era Transformasi Digital

Faiq Julia Iqna’a (Unknown)
Muhammad Alfi Alfaridli (Unknown)
Hasan Baharun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran narasi positif dalam komunikasi antara sekolah dan masyarakat di era transformasi digital dengan tujuan memahami bagaimana narasi tersebut dapat membangun hubungan yang harmonis, meningkatkan keterlibatan, serta menciptakan kepercayaan di lingkungan pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi positif berfungsi sebagai alat strategis untuk memperkuat kepercayaan dan keterlibatan, namun efektivitasnya sangat bergantung pada keseimbangan antara keaslian, transparansi, dan inklusivitas dalam komunikasi. Narasi yang tidak autentik atau terlalu optimis cenderung menimbulkan ketidakpercayaan di kalangan audiens yang semakin kritis. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya aksesibilitas teknologi dalam memastikan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh. Implikasi dari penelitian ini mencakup kebutuhan untuk mengintegrasikan strategi narasi yang otentik dengan dukungan teknologi yang inklusif dalam membangun komunikasi sekolah-masyarakat yang lebih baik. Hasil ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori komunikasi digital dengan menekankan interaksi antara teknologi, narasi, dan konteks lokal dalam membangun hubungan yang produktif. Untuk penelitian mendatang, direkomendasikan pendekatan multidisipliner dengan melibatkan variasi demografis yang lebih luas untuk memperluas generalisasi temuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Aafiyah

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu (E-ISSN 3026-3980) is a blind peer-reviewed journal published by Edujavare Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of education, Islamic religious education, early ...