Jurnal Sosial dan Teknologi
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Sosial dan Teknologi

Peran Peer Attachment, Self Efficacy dan Goal Setting terhadap Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Islam Plus di Pesantren Al- Banjari, Blora

Ni’ma Sintia, Intan (Unknown)
Andriani, Fitri (Unknown)
Yogi Wulandari, Primartia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Self-regulated lerning merupakan kemampuan individu untuk mengatur dan mengontrol jalannya belajar. Hal ini sangat penting untuk siswa sekolah menengah, trutama dipesantren, dalam menghadapi permasalahan yang muncul diusia remaja, mengorganisir diri pada belajarnya, mengurangi seteres akademik, menyesuaikandiri diasrama, meningkatkan kemandirian, dan meningkatkan kemampuan dalam menghafal Al-Quran. 3 faktor utama yng dapat meningkatkan self ragulated learning ialah peer atachment, self eficacy, dan goal seting. Hal tersebut menjadi dasar akan pentingnya dilakukan penelitian mengenai self-regulated learning siswa. Pada Penelitian ini digunakan pendekatan kuantatif dengan metode analisis regresi-linier berganda. Dalam penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 162 isiswa. Untuk mengukur variable digunakan skala Selfi-Regulated Learning guna menghitung self regulated learning, skala Inventoryi of Parent and Peer Attacment (IPPA) untuk menghitung peer attachment, skala General SelfEfficacy untuk menghitung self ragulated learning, & Skala Goal Setting untuk menghitung goal seting. Hasil uji regresi bergada mengindikasikan bahwa nilai signifikan anova adalah 0,00 berarti kurang dari 0,05 (p i< i0,05), dengan demikian peran antara peer iattachment, self efficaci, gaol setting  terhadap self-ragulated lerning yaitu signifikan dengan perolehan nilai koefisien determinasi (Rspuare) seberas 0,423 artinya variable peer attachment, self-efficacy, dan goal setting berperan sebesar 42,3% terhadap ivariabel self ragulated lerning siswa Sekolah Menengah Islam Plus di Pesantren Al-Banjari, Blora.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sostech

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and ...