Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan menggunakan good corporate governance sebagai variabel moderating. Pada penelitian ini, objek yang digunakan adalah perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2023. Cara penentuan dalam sampel ini menggunakan metode purposive sampling sehingga dari 175 populasi diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan dengan 5 tahun masa penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel dan uji hipotesis dengan menggunakan eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan nilai probability sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Growth opportunity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan nilai probability sebesar 0,93 lebih besar dari 0,05 (0,93 > 0,05). Profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh good corporate governance, dengan nilai probability sebesar 0,02 lebih kecil dari 0,05 (0,02 < 0,05). Growth opportunity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh good corpoarte governance, dengan nilai probability sebesar 0,57 lebih besar dari 0,05 (0,57 > 0,05).
Copyrights © 2025