Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 14, No 1 (2025): April

PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, HARGA, NILAI YANG DIRASAKAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK OTOMOTIF INTERNASIONAL YANG DI MEDIASI OLEH PERSEPSI KUALITAS

Suprapto, Yandi (Unknown)
Laulita, Nasar Buntu (Unknown)
Yosuky, Delvian (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

ABSTRAKIndustri otomotif Indonesia telah menjadi pemimpin pasar di wilayah ASEAN dalam hal penjualan mobil, menarik produsen otomotif terkemuka dunia untuk berinvestasi di negara ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak faktor-faktor seperti citra merek, kepercayaan, harga, nilai yang dirasakan, dan promosi terhadap keputusan pembelian merek otomotif internasional, serta menganalisis peran persepsi kualitas sebagai perantara. Studi ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 429 responden pengguna kendaraan bermotor di Batam, Indonesia, dan menganalisis data menggunakan metode SmartPLS. Hasil dari uji data menunjukkan bahwa citra merek, persepsi kualitas, nilai yang dirasakan, harga, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun, kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara langsung. Kemudian, nilai yang dirasakan, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas. Namun, citra merek dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas. Selain itu, nilai yang dirasakan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui persepsi kualitas sebagai mediator. Citra merek, promosi, dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui persepsi kualitas sebagai mediator. ABSTRACTThe Indonesian automotive industry has emerged as the market leader in the ASEAN region in terms of car sales, attracting leading global automotive manufacturers to invest in the country. This study aims to explore the impact of factors such as brand image, trust, price, perceived value, and promotion on purchasing decisions for international automotive brands and analyze the mediating role of perceived quality. The research was conducted by distributing questionnaires to 429 respondents who are vehicle users in Batam, Indonesia, and analyzing the data using the SmartPLS method. The results indicate that brand image, perceived quality, perceived value, price, and promotion positively influence purchasing decisions. However, trust does not significantly impact purchasing decisions directly. Furthermore, perceived value, price, and promotion significantly influence perceived quality, while brand image and trust do not. Additionally, perceived value and price significantly impact purchasing decisions through perceived quality as a mediator. Brand image, promotion, and trust do not significantly influence purchasing decisions through perceived quality as a mediator.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jureq

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Equlibrium merupakan jurnal ilmiah terbit enam bulan sekali yang memuat hasil-hasil penelitian baik teoritis maupun terapan dari bidang ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi serta disiplin ilmu lainnya yang relevan dengan bidang ilmu ...