Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Gorontalo. Dengan banyaknya mahasiswa, mendorong UNG untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.  Salah satu kualitas yang perlu ditingkatkan adalah kualitas layanan akademik bagi mahasiswa. Layanan akademik terdiri dari layanan BAKP (Biro Akademik Mahasiswa dan Perencanaan), layanan keuangan dan layanan sarana dan prasarana atau Sarpras. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sistem informasi pengaduan layanan akademik dan sistem yang sedang berjalan serta merancang Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Mahasiswa Berbasis Android agar mempermudah mahasiswa serta BAKP untuk mengadukan dan merekap aduan yang telah diselesaikan. Pada sistem ini menggunakan metode waterfall yg memiliki 5 tahapan antara lain Analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, dan penerapan program serta pemeliharaan hasil penelitian ini agar dapat mempermudah mahasiswa dan BAKP dalam melakukan aduan juga merekap aduan-aduan mahasiswa yang masuk, sehingga bisa dijadikan laporan penyelesaian dan juga menampung apa yang menjadi aspirasi mahasiswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023