Membaca merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh anak sejak dini. Namun, di TK Islam Ceria Hidayatullah, ditemukan masalah rendahnya keterampilan membaca siswa serta kurangnya media pembelajaran yang efektif dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan program Visual Scratch guna meningkatkan keterampilan membaca siswa kelompok A di TK Islam Ceria Hidayatullah. Game edukasi ini dikembangkan dengan mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Pengujian dilakukan pada guru dan siswa, serta pengujian fungsional terhadap game edukasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, serta telah berfungsi dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan.
Copyrights © 2024