AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4, No 1: Januari (2023)

Strategi Komunikasi Pemasaran Experiental Marketing Jasa Perhotelan Melalui Instagram @LIBURANDIHOTEL

Permata, Sandy (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan munculnya berbagai jenis aplikasi sosial media yang dapat memberikan gaya baru dalam menginformasikan produk atau jasa dengan gaya bahasa dan bentuk tampilan visual yang disesuaikan dengan target audience nya. Instagram merupakan salah satu sosial media yang saat ini mensupport pemasaran produk dan jasa. Begitu pula dengan promosi perhotelan yang dilakukan oleh Reviewer hotel melalui account Instagram nya. Instagram @liburandihotel menyuguhkan informasi mengenai hotel secara spesifik dan memberikan juga edukasi pelayanan hotel. Tentunya sangat membantu masyarakat untuk mencari referensi liburan dimasa pandemi. Dengan gaya penulisan konten yang disesuaikan dengan target audience serta tampilan audiovisual serta deskripsi cerita yang dibuat semenarik mungkin membuat Instagram @liburandihotel menjadi salah satu media promosi perhotelan dengan pendekatan experiental marketing. Pengalaman Reviewer  mendatangi dan mencoba fasilittas hotel dibagikan pada account Instagram tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan Teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan menggunakan pendekatan experiental marketing, yaitu Reviewer  menceritakan apa yang dirasakan Ketika menginap di hotel tersebut kepada followernya, dengan melakukan juga komunikasi dua arah dengan pihak hotel agar mengetahui apa yang diinginkan pihak hotel untuk dapat mempromosikan. Selain itu liburandihotel juga selalu memposting informasi yang sifatnya baik dan merupakan kelebihan yang ada pada hotel tersebut agar citra hotel tersebut baik bagi pengikutnya.Kata kunci : : strategi komunikasi pemasaran, experiental marketing, social mediaABSTRACTThe development of information and communication technology has led to the emergence of various types of social media applications that can provide a new style in informing products or services with language styles and forms of visual display that are tailored to the target audience. Instagram is one of the social media that currently supports the marketing of products and services. Likewise with hotel promotions carried out by hotel Reviewer s through their Instagram accounts. Instagram @liburandihotel provides information about hotels specifically and also provides hotel service education. Of course, it really helps the community to find vacation references during the pandemic. With a content writing style that is tailored to the target audience as well as audiovisual displays and story descriptions that are made as attractive as possible, Instagram @liburandihotel becomes one of the hospitality promotion media with an experiential marketing approach. The Reviewer 's experience of visiting and trying out hotel facilities is shared on the Instagram account. This research was conducted using a qualitative case study method with in-depth interview data collection techniques and non-participant observation. Communication strategy planning is carried out using an experiential marketing approach, where the Reviewer  tells what he feels when staying at the hotel to his followers, by also conducting two-way communication with the hotel to find out what the hotel wants to promote. In addition, vacations at the hotel also always post information that is good in nature and is an advantage that exists in the hotel so that the image of the hotel is good for its followers.Keywords : : marketing communication strategy, experiential marketing, social media

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AGUNA

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi AGUNA merupakan salah satu media penyebarluasan hasil penelitian dan pemikiran yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan maupun di luar Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Komunikasi AGUNA diterbitkan oleh Universitas Amikom Purwokerto. Kata AGUNA berasal dari bahasa ...