cover
Contact Name
Rizki Wahyudi
Contact Email
rizki.key@gmail.com
Phone
+6285711000715
Journal Mail Official
aguna@amikompurwokerto.ac.id
Editorial Address
Jl. Letjend Pol. Soemarto No.127, Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53127
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 27466558     EISSN : 2746654X     DOI : 10.35671/aguna
Jurnal Ilmu Komunikasi AGUNA merupakan salah satu media penyebarluasan hasil penelitian dan pemikiran yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan maupun di luar Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Komunikasi AGUNA diterbitkan oleh Universitas Amikom Purwokerto. Kata AGUNA berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya berguna atau bermanfaat. Merujuk pada makna AGUNA tersebut, diharapkan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Komunikasi AGUNA mempunyai manfaat teoretis dan praktis bagi kalangan akademisi maupun masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi AGUNA diterbitkan 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Januari dan Juli
Articles 47 Documents
Pemaknaan Masyarakat Kabupaten Cilacap Terhadap Nilai Tradisi Sedekah Laut Nuraini, Fitri; Asriandhini, Bunga
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1: Januari (2023)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v4i1.2226

Abstract

Sedekah Laut merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat pesisir terutama di Pulau Jawa. Tradisi ini merupakan manifestasi budaya yang hampir tidak diketahui oleh generasi muda saat ini. Pemaknaan terhadap nilai tradisi Sedekah Laut dapat menjadi kunci utama dalam pelestarian budaya ini. Merujuk pada teori interaksi simbolik, makna disebarluaskan melalui interaksi sosial. Penelitian ini melihat bagaimana masyarakat memaknai nilai tradisi Sedekah Laut di Kabupaten Cilacap. Penelitian menggunakan paradigma interpretif serta metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk memahami dan menjelaskan secara holistik pemaknaan tradisi Sedekah Laut. Ditemukan bahwa mayoritas informan menyatakan Sedekah Laut memiliki makna luhur yakni sebagai wujud syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia-Nya. Wujud syukur tersebut disimbolkan dengan pelarungan sesaji atau Jolen ke laut lepas dengan niat sedekah. Nilai-nailai tradisi juga dimaknai sebagai bentuk limpahan rezeki, keselamatan, dan keamanan. Masyarakat menyepakati semakin menumbuhkan rasa yakin akan adanya Tuhan penguasa alam semesta yang mencukupi kebutuhan manusia. Jika manusia bersyukur maka nikmat akan dilipatgandakan. Seluruh pemaknaan terkonstruksi melalui interaksi dalam lingkungan masyarakat terutama masyarakat nelayan pesisir. Kata-kata Kunci: Makna Tradisi; Sedekah Laut; Budaya
Strategi Event Branding Plupuh Batik Karnival Dalam Upaya Memperkenalkan Produk Batik Kabupaten Sragen Jawa Tengah 2024 Dani, Jeratallah Aram; Setiawan, Ali Arif; Syaifullah, Jahid
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No. 1: Januari (2025)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v6i1.3073

Abstract

Branding events are a means of company promotion in an effort to introduce new products to the public. Branding planning in supporting marketing communications is very closely related to advertising media, both through top-line media and bottom-line media. The plupuh batik carnival activity is an event planned in an effort to introduce Sukowati motif batik to the public. This research uses a qualitative method with a case study approach, to reveal the event branding strategy carried out by the committee in providing event and product information to the public.The result is an event strategy planned by the committee through collaboration with top-line media through radio and TV and bottom-line in the form of posters, banners, billboards and through online media to reach a wide and anonymous audience.
Iklim Komunikasi Organisasi Pemerintah Daerah (Impelementasi Program Kerja Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar di Era Pandemi) Jahid - Syaifullah
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 2: Juli (2022)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v3i2.2056

Abstract

Virus corona 19 yang menjadi pandemi di Indonesia telah mengubah budaya kerja dan budaya organisasi yang dilaksanakan di daerah. Sebelum panemi, budaya kerja cenderung tatap muka secara langsung, namun setelah pandemi budaya kerja cenderung berubah menjadi tatap muka secara tidak langsung melalui media online.Penelitian ini dilaksanakan untuk mengungkapkan iklim komunikasi organisasi yang terjadi di daerah selama pandemi. Penelitian ini di laksanakan dengan wawancara secara langsung kepada 11 responden secara mendalam dengan menggunakan pedoman yang sudah di rancang sebelum wawancara.Hasil penelitian ini mengungkapkan iklim komunikasi organisasi di daerah dalam wadah gerakan pramuka Karanganyar masih berjalan dengan baik dengan masih di temukannya proses keterbukaan, kejujuran,kepercayaan, pebuatan keputusan secara bersama, dan perhatian pada tujuan berkinerja tinggi.
Representasi Mental Disorders Lagu “Amygdala” Suga BTS Melalui Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Sri Wahyuni; Sheila Lestari Giza Pudrianisa
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2: Juli (2024)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v5i2.2893

Abstract

Mental health disorders ones of the diseases that cannot be seen physically because someone will be attacked inwardly and even change drastically. In many young people of generation Z affected by mental health, thus making one of the BTS personnel, Suga, express it in the form of a song entitled "Amygdala" because he has experienced mental disorders. The research method used is a descriptive type of qualitative method using the semiotic analysis theory of Charles Sanders Peirce in order to provide a deeper understanding of the message of the signs in the music video related to the representation of mental disorders to the audience. In addition, this massive Korean wave made researchers use Suga BTS as an object to use the constructivism paradigm. This research refers to the analysis of signs, objects and also meanings in each scene or scene by making observations and documentation. Thus, the results of this study can represent some important meanings related to mental disorders to always think positively, be open to their surroundings, and be able to make peace with themselves not by committing suicide. So that indirectly the meaning of this song provides motivation to listeners about understanding for ourselves emotionally and as a medium to communicate to the public so that they can learn more about the representation of mental disorders.
Analisis Penerapan Good Corporate Governance Media Massa Melalui Kegiatan CSR (Studi Kasus Penerapan Nilai-Nilai Good Corporate Governance SCTV-INDOSIAR melalui Kegiatan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih ) Sandy Permata
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2: Juli (2021)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v2i2.1250

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat penerapan  Tata Kelola Perusahaan media massa khususnya media televisi dalam memberikan pertanggung jawabannya kepada stakeholder internal dan  eksternalnya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Tujuan penelitian ini untuk  memberikan masukan bagi Perusahaan Media Massa dalam mengembangkan tata kelola perusahaan yang baik pada stakeholders melalui program CSR., dimana industry media saat ini berupaya selalui menjaga loyalitas pemirsanya tidak hanya berdasarkan program-program acara yang disajikan namun juga dari pengelolaan korporasi yang baik dan bertanggung jawab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Dari hasil analisis yang dilakukan, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih telah melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility sesuai dengan Prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik yang mengedepankan tranparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian dan perlakuan adil kepada stakeholder internal dan eksternalnya.  Hal tersebut menjadikan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih dan Program CSR yang dilakukan membawa citra positif bagi perusahaan media.
Analisis Resepsi Followers Milenial @indonesiafeminis dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme Dian Pawaka; Wahyuni Choiriyati
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1: Juli (2020)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v1i1.1048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan followers milenial akun @indonesiafeminis dalam memaknai konten literasi feminisme yang diunggah di akun tersebut. Penerimaan followers milenial tersebut dianalisis menggunakan analisis resepsi milik Stuart Hall. Sementara teori yang digunakan untuk membedah penelitian ini adalah Encoding-Decoding Stuart Hall. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dengan lima informan followers milenial akun @indonesiafeminis. Hasil penelitian ini menunjukkan kelima informan yang penulis wawancara memiliki penerimaan dan pemaknaan berbeda mengenai beberapa konten literasi feminisme. Perbedaan penerimaan dan pemaknaan tersebut dikarenakan perbedaan latar belakang sosial, budaya, pengalaman, dan lingkungan.Kata-kata Kunci: Analisis Resepsi, Literasi Feminisme, Media Sosial, Instagram, @indonesiafeminis
Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Konten Instagram Pasca Pandemi Covid-19 Permono, Mohammad Shidiq
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 2: Juli (2023)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v4i2.2406

Abstract

Tourism marketing communication is an important component that must be owned by every tourism industry in carrying out activities by providing detailed and structured services. Effective tourism marketing will provide intermediaries and bridges with business people and potential customers, both directly and through intermediary markets. In processing tourism marketing, an efficient plan is needed to increase success and reduce the risk of failure. This study aims to determine marketing communication strategies and processing post-Covid-19 tourism communications through Instagram social media content to attract local and foreign tourists who will visit Yogyakarta. The results of the study show that the DIY Tourism Office creates various kinds of content which contain various tourist destinations in Yogyakarta and uploads some other information about DIY tourism which is one of the strategies to revive interest in tourism which was previously halted due to the Covid-19 pandemic and increase returns. marketing percentage figures in Yogyakarta. The theory used in this study uses the marketing process theory put forward by Lamb, Hair, and McDaniel (2001) and the Marketing Mix Theory. The research method this time uses a qualitative descriptive, observation and documentation study. By collecting data using the Miles and Huberman models with data collection, data reduction, and data presentation, data is obtained by conducting in-depth reports or conducting in-depth interviews with sources from the DIY Tourism Office.
Strategi Komunikasi Pemasaran Experiental Marketing Jasa Perhotelan Melalui Instagram @LIBURANDIHOTEL Permata, Sandy
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 1: Januari (2023)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v4i1.2150

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan munculnya berbagai jenis aplikasi sosial media yang dapat memberikan gaya baru dalam menginformasikan produk atau jasa dengan gaya bahasa dan bentuk tampilan visual yang disesuaikan dengan target audience nya. Instagram merupakan salah satu sosial media yang saat ini mensupport pemasaran produk dan jasa. Begitu pula dengan promosi perhotelan yang dilakukan oleh Reviewer hotel melalui account Instagram nya. Instagram @liburandihotel menyuguhkan informasi mengenai hotel secara spesifik dan memberikan juga edukasi pelayanan hotel. Tentunya sangat membantu masyarakat untuk mencari referensi liburan dimasa pandemi. Dengan gaya penulisan konten yang disesuaikan dengan target audience serta tampilan audiovisual serta deskripsi cerita yang dibuat semenarik mungkin membuat Instagram @liburandihotel menjadi salah satu media promosi perhotelan dengan pendekatan experiental marketing. Pengalaman Reviewer  mendatangi dan mencoba fasilittas hotel dibagikan pada account Instagram tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan Teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan menggunakan pendekatan experiental marketing, yaitu Reviewer  menceritakan apa yang dirasakan Ketika menginap di hotel tersebut kepada followernya, dengan melakukan juga komunikasi dua arah dengan pihak hotel agar mengetahui apa yang diinginkan pihak hotel untuk dapat mempromosikan. Selain itu liburandihotel juga selalu memposting informasi yang sifatnya baik dan merupakan kelebihan yang ada pada hotel tersebut agar citra hotel tersebut baik bagi pengikutnya.Kata kunci : : strategi komunikasi pemasaran, experiental marketing, social mediaABSTRACTThe development of information and communication technology has led to the emergence of various types of social media applications that can provide a new style in informing products or services with language styles and forms of visual display that are tailored to the target audience. Instagram is one of the social media that currently supports the marketing of products and services. Likewise with hotel promotions carried out by hotel Reviewer s through their Instagram accounts. Instagram @liburandihotel provides information about hotels specifically and also provides hotel service education. Of course, it really helps the community to find vacation references during the pandemic. With a content writing style that is tailored to the target audience as well as audiovisual displays and story descriptions that are made as attractive as possible, Instagram @liburandihotel becomes one of the hospitality promotion media with an experiential marketing approach. The Reviewer 's experience of visiting and trying out hotel facilities is shared on the Instagram account. This research was conducted using a qualitative case study method with in-depth interview data collection techniques and non-participant observation. Communication strategy planning is carried out using an experiential marketing approach, where the Reviewer  tells what he feels when staying at the hotel to his followers, by also conducting two-way communication with the hotel to find out what the hotel wants to promote. In addition, vacations at the hotel also always post information that is good in nature and is an advantage that exists in the hotel so that the image of the hotel is good for its followers.Keywords : : marketing communication strategy, experiential marketing, social media
Analisis Isi Adat Budaya Pamali Dalam Film Pamali (2022) Dan Pamali: Dusun Pocong Rafly Fadhil Saputra; Muhammad Fadeli; Delmarrich Bilga Ayu Permatasa
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2: Juli (2024)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v5i2.2972

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, industri film global terus mengalami kemajuan pesat. Film kini hadir dalam berbagai genre, seperti petualangan, komedi, fantasi, fiksi ilmiah, drama, romansa, dan lain-lain. Genre horor, khususnya di Indonesia, juga mengalami banyak perubahan. Hal ini didorong oleh tingginya minat masyarakat terhadap film horor, yang terlihat dari banyaknya film horor yang beredar di pasaran. Salah satu subgenre yang mendapat perhatian adalah film horor dengan tema budaya. Indonesia, yang terkenal dengan keberagaman budaya dan sukunya, termasuk budaya pamali. Pamali memiliki berbagai makna tergantung pada daerah dan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna adat budaya Pamali dalam film Pamali (2022) dan Pamali: Dusun Pocong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan sumber data sekunder. Teori yang digunakan adalah analisis semiotika oleh Roland Barthes, yang mengembangkan teori semiotika berdasarkan gagasan dari Ferdinand de Saussure dari penanda dan petanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Pamali (2022) dan Pamali: Dusun Pocong memiliki interpretasi makna pamali yang berbeda. Dengan menganalisis budaya pamali, seseorang dapat memahami lebih dalam tentang budaya ini di berbagai daerah, serta membuka peluang untuk produksi film dengan tema serupa. Meskipun memiliki interpretasi yang berbeda, pamali tetap memiliki makna dan tujuan yang sama, yaitu sebagai pembelajaran bahwa setiap tindakan, sekecil apapun pasti memiliki konsekuensi.
Social Network Analysis Komunikasi Kesehatan Pengguna Twitter Dengan Tagar #vaksinuntukkita Di Era Covid-19 Shafira Julia Riyanto; Nuke Farida
AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1: Januari (2022)
Publisher : AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35671/aguna.v3i1.1395

Abstract

Di awal tahun 2020 dunia dicemaskan dengan kejadian infeksi yang menyebar secara luas dan cepat yaitu virus COVID-19. Media sosial digunakan sebagai alat penelitian dan tracking dalam kesehatan masyarakat terkait virus COVID-19. Vaksinasi adalah harapan terbaik untuk mengurangi penularan virus corona, salah satu gerakan program vaksin di Indonesia yaitu #VaksinUntukKita di media sosial twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar jumlah dan luas komunikasi jejaring sosial tagar #VaksinUntukKita di twitter menggunakan level system. Landasan teori yang digunakan adalah Teori Computer Mediated Communication. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan paradigma positivisme. Populasi penelitian ini ialah 2500 data atau tweet terkait tagar #VaksinUntukKita dan untuk sampel sendiri berhasil didapatkan sebanyak 251 nodes. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi jaringan dalam tagar #VaksinUntukKita penyebaran informasinya berjalan lambat, komunikasi yang terjadi hanya secara satu arah dan tidak ada feedback. Diameter yang didapatkan senilai 20 yang berarti jarak antar aktor lainnya sebanyak 20 langkah, untuk cluster dalam jaringan ini terdapat 5 cluster yang saling berkumpul bertumpuk ini menandakan bahwa lebih dari satu akun yang menggunakan tagar tersebut.