AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 2: Juli (2021)

Konstruksi Realitas Pindah Agama Selebriti di Media Online (Sebuah Studi Semiotika Sosial)

Altobeli Lobodally (Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Abstrak: Kasus pindah agama di kalangan selebriti merupakan realitas sosial yang menarik disajikan oleh media massa. Insertlive.com menyajikan kasus pindah agama yang dilakukan Dena Rachman dalam sebuah produk jurnalistik bertajuk: Mau Dinikahi Bule, Dena Rachman Pindah Agama ke Kristen. Dalam teks tersebut, kata dan kalimat yang digunakan jurnalis menghadirkan sebuah pemaknaan yang dapat menggiring kepada upaya merendahkan agama tertentu. Penelitian ini menggunakan Teori Kritis dan Semiotika Sosial dari M.A.K. Halliday. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritis yang menguraikan tiap kata dan kalimat dengan menggunakan tiga elemen analisis: medan wacana, pelibat wacana, dan sarana wacana. Peneliti menemukan bahwa realitas pindah agama yang dilakukan oleh selebriti merupakan sebuah kesalahan. Bahkan isu tersebut lebih keliru ketimbang isu preferensi seksual yang berbeda dengan kodrat. Realitas pindah agama merupakan sebuah langkah labil yang diambil untuk menuju kebebasan. Hal tersebut dilakukan karena dasar nilai-nilai yang rapuh dan pemahaman bias mengenai agama.Kata Kunci: konstruksi, pindah agama, semiotika sosial, media online

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AGUNA

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi AGUNA merupakan salah satu media penyebarluasan hasil penelitian dan pemikiran yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan maupun di luar Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Komunikasi AGUNA diterbitkan oleh Universitas Amikom Purwokerto. Kata AGUNA berasal dari bahasa ...