Abstract: In keeping up with the rapid development of the city requires the support of adequate public facilities. Pedestrians are one of the things that need attention, the provision of facilities and infrastructure for pedestrians. Able to create the realization of a comfortable city (Liveable City) and friendly for pedestrians (Walkable). Moving from curiosity about the level of pedestrian comfort in the city of Bandar Lampung, we conducted research with a case study object on Jl. Kartini and Jl. Raden Intan, City of Bandar Lampung. Through this research we aim to determine the level of pedestrian comfort in the city of Bandar Lampung based on urban walkability theory and to determine the factors that influence the level of pedestrian comfort on Jl. Kartini and Jl. Raden Intan, City of Bandar Lampung. The results of this study show the comfort level of pedestrians on Jl. Kartini and Jl. Raden Intan, City of Bandar Lampung based on the theory of urban walkability is said to be still uncomfortable. This statement is reinforced by the results of observation and interviews of pedestrians at the study site.Keyword: walkability, pedestrian, trotoarAbstrak: Dalam mengimbangi perkembangan kota yang pesat memerlukan dukungan fasilitas publik yang memadai. Pejalan kaki menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, penyedian sarana dan prasarana bagi pejalan kaki. Mampu menciptakan terwujudnya kota yang nyaman (Liveable City) dan ramah untuk pejalan kaki (Walkable). Bergerak dari keingintahuan tentang tingkat kenyamanan pejalan kaki di kota Bandar Lampung kami melakukan penelitian dengan objek studi kasus di Jl. Kartini dan Jl. Raden Intan, Kota Bandar Lampung. Melalui penelitian ini kami bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan pejalan kaki di Kota Bandar Lampung berdasarkan teori urban walkability dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kenyamanan pejalan kaki di Jl. Kartini dan Jl. Raden Intan, Kota Bandar Lampung. Dalam hasil penelitian ini sendiri menunjukan tingkat kenyamanaan pejalan kaki di Jl. Kartini dan Jl. Raden Intan, Kota Bandar Lampung berdasarkan teori urban walkability dikatakan masih kurang nyaman. Penyataan tersebut diperkuat dengan hasil dari observasi dan wawancara pejalan kaki di lokasi penelitian.Kata Kunci: walkability, pedestrian, trotoar
Copyrights © 2023