Pemanfaatan media internet atau digital yang berkembang pesat saat ini terutama dalam segi memasarkan suatu produk atau jasa dinamakan sebagai digital marketing. Para pelaku UMKM di Desa Kemiri menghadapi masalah terbatasnya akses ke pasar. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian mengenai strategi digital marketing maka dapat memberikan peluang terhadap bagi pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode dengan melakukan survei secara langsung dan diskusi pada pelaku UMKM, lalu metode pemecahan masalah yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai digital marketing, praktik secara langsung, dan kegiatan pendampingan pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menghasilkan pemahaman yang lebih baik bagi pelaku UMKM tentang digital marketing dan kemampuan untuk menerapkan teknik SEO, menggunakan aplikasi Google Keyword Planner dan Google My Business, sehingga mereka dapat memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.
Copyrights © 2024