Kurangnya pemahaman siswa terhadap sastra pariwisata menjadi tantangan dalam menghubungkan literasi dengan promosi kekayaan budaya dan wisata lokal. Kabupaten Jombang memiliki banyak destinasi wisata, namun pemanfaatan sastra sebagai media promosi masih minim. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan analisis sastra pariwisata pada siswa MTs Darul Ulum Jombang melalui metode SATE PENCENG (Strategi Terbimbing, Pencatatan, Consistent, dan Generate). Mitra kegiatan adalah 32 siswa kelas VIII yang berpartisipasi dalam pelatihan membaca dan analisis struktur sastra pariwisata. Metode pelaksanaan meliputi tahap perizinan, koordinasi dengan sekolah, penyusunan materi, pelatihan, serta evaluasi hasil pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap sastra pariwisata, yang tercermin dari peningkatan rata-rata nilai pre-test sebesar 15,78 menjadi 51,13 pada post-test. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas metode SATE PENCENG dalam mengasah keterampilan membaca, berpikir kritis, dan analisis sastra. Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif pada kesadaran siswa terhadap potensi wisata lokal dan pengembangan karakter mereka dalam berkolaborasi serta berkomunikasi. Kesimpulannya, metode SATE PENCENG dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran sastra pariwisata, namun perlu perbaikan dalam manajemen waktu dan instruksi agar implementasinya lebih optimal.
Copyrights © 2025