Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam

Penerapan Lesson Study Guru Pai Menggunakan Discovery And Collaboration Learning

Maqauli, Abul (Unknown)
Abdulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Lesson Study di SMPN 24 Malang. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode deskriptif untuk menganalisis data secara mendalam. Subjek penelitian dipilih melalui purposive sampling, yang melibatkan seorang guru PAI dan 29 siswa kelas IX G. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Triangulasi sumber membandingkan hasil wawancara dengan dokumen terkait, triangulasi waktu membandingkan data dari wawancara pada waktu yang berbeda, dan triangulasi teknik membandingkan data dari berbagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berjalan sesuai harapan dengan penerapan model discovery learning dan kolaborasi. Persiapan yang komprehensif serta kerja sama efektif antara guru melalui diskusi perencanaan (PLAN-DO-SEE) mendukung keberhasilan ini. Metode pembelajaran yang interaktif dan inovatif, seperti penggunaan Quizziz, berhasil meningkatkan antusiasme dan keterlibatan siswa. Interaksi yang baik antara guru dan siswa serta pemahaman guru terhadap karakteristik siswa berkontribusi pada keterlibatan siswa yang tinggi (≥95%). Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI di SMPN 24 Malang telah berjalan dengan baik, dengan guru yang memiliki kesadaran diri yang kuat dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPAI

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ini sebagai berikut: 1. Metode dan model pembelajaran Interaktif 2. Pendidikan Karakter 3. Moderasi Beragama 4. Isu Terkini Sekitar Pendidikan Agama Islam 5. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 6. Teks Suci dalam Agama 7. Keragaman Etnis Budaya, Sosial dan Tradisi ...