MABIS: Manajemen dan Bisnis
Vol 24, No 1 (2025): Vol 24, No 1 (2025): March 2025

Assessing Financial Risks at PT Pertamina: Insights from Monte Carlo and Altman Z-Score

Hidayatullah, Syarif (Unknown)
Shidqiyyah, Nuhaa Salsabila (Unknown)
Pratama, Maheza Fiko (Unknown)
Fauziah, Dian Ayu (Unknown)
Nuraini, Ulfa Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan permintaan dan pasokan BBM yang signifikan, dengan harga minyak PT Pertamina turun menjadi USD 20 per barel pada tahun 2020. Mengingat situasi tersebut, penelitian ini menganalisis manajemen risiko keuangan PT Pertamina dari tahun 2012 hingga 2023, menggunakan simulasi Monte Carlo, analisis sensitivitas, dan model regresi untuk mengevaluasi dampak berbagai risiko terhadap indikator keuangan seperti total pendapatan, ROA, ROE, NPM, dan EBIT. Simulasi Monte Carlo menunjukkan fluktuasi laba bersih yang cukup besar karena volatilitas harga minyak dan perubahan nilai tukar. Analisis sensitivitas mengidentifikasi risiko operasional sebagai hal yang penting bagi keberlanjutan keuangan, sementara risiko pasar positif dalam kondisi tertentu. Analisis regresi menunjukkan bahwa fluktuasi nilai tukar secara signifikan berdampak pada Total Pendapatan, tetapi harga minyak memiliki efek minimal pada ROA dan ROE. Analisis Altman Z-Score mengungkapkan tren kesehatan keuangan yang menurun, terutama antara tahun 2016 dan 2020, dengan peningkatan risiko kebangkrutan. Meskipun PT Pertamina mengalami pemulihan pada 2021-2023, PT Pertamina tetap berada di zona berisiko tinggi, membutuhkan langkah-langkah strategis seperti diversifikasi bisnis, optimalisasi rantai pasokan, dan kebijakan nilai tukar proaktif untuk memastikan stabilitas jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mabis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen & Bisnis (MABIS) is an open access journal with ISSN 1412-3789 and e-ISSN 2477-1783. The editorial board invites authors and experts to publish and share their ideas through scientific and empirical research in the field of Management and Business. The major objective of the publication is ...