Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS pada Bab 1 melihat karena cahaya, mendengar karena bunyi di kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan Jae T.A. 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan Jae yang berjumlah 43 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis gaya belajar visual masuk pada kategori sangat dominan dimiliki oleh peserta didik dengan rata-rata presentase 76,62% dan nilai rata-rata sebesar 15,32. Kemudian gaya belajar auditori masuk pada kategori dominan dengan rata-rata persentase 72,20% dan nilai rata-rata sebesar 14,44, berikutnya yaitu gaya belajar read/write masuk pada kategori dominan dengan rata-rata persentase 69,18% dan nilai rata-rata sebesar 13,83 dan yang terakhir yaitu gaya belajar kinestetik masuk pada kategori dominan dengan persentase 69,99% dan nilai rata-rata 14. Sehingga dapat dianalisis bahwa gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan Jae adalah lebih dominan menggunakan gaya belajar visual karena memperoleh nilai rata-rata dan persentase yang lebih tinggi dibangdingkan dengan gaya belajar auditori, read/write dan kinestetik.
Copyrights © 2025