JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva pada Materi Konjungsi di Kelas IV SD Kecamatan Baso

Nabhan, Fikra (Unknown)
Muhammadi, Muhammadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi yang tersedia di sekolah belum maksimal digunakan oleh guru, akibatnya peserta didik sulit memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi canva pada materi konjungsi di kelas IV SD Kecamatan Baso yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Uji validitas menunjukkan media pembelajaran sangat valid dengan skor 100% (materi), 85,00% (bahasa), dan 93,75% (media). Uji praktikalitas menunjukkan media pembelajaran sangat praktis dengan skor 95,00% (guru) dan 98,83% (peserta didik) di sekolah uji coba, serta 97,50% (guru) dan 97,29% (peserta didik) di sekolah penelitian. Uji efektivitas menunjukkan media pembelajaran sangat efektif digunakan di sekolah uji coba dengan skor 85,33% (sangat efektif) dan di sekolah penelitian dengan skor 86,66% (sangat efektif). Dengan demikian, media canva sudah valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...