Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap siswa serta kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SDN 060866, Jl. Gunung Krakatau. Manajemen sekolah yang efektif menjadi faktor utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, yang mencakup pengelolaan pembelajaran, siswa, sarana dan prasarana, serta hubungan dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengkaji bagaimana kompetensi guru dan pengelolaan sarana serta prasarana berdampak pada pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, manajemen sarana dan prasarana yang baik memberikan kontribusi signifikan terhadap efektivitas pembelajaran. Keterbatasan fasilitas serta kurangnya pemanfaatan sarana yang tersedia menjadi tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih baik dalam mengelola sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi guru agar tercipta lingkungan belajar yang lebih optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025