JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Dompu

Habi, Abdul (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)
Islamiati, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa di MTs Negeri 2 Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi Experimental dengan jenis One-Group Prestest-Postest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Dompu sebanyak 116, dengan sampel sebanyak 30 siswa dengan siswa kelas VII. Intrumen penelitian adalah soal tes berbentuk esai. Teknik pengumpulan data melibatkan penggunaan tes tertulis Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data statistic deskriptif dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 29.00 for Windows pada tingkat signifikansi 5%. Nilai rata-rata pre-test sebesar 71,30 dan data post-test siswa yang memperoleh nilai Mean atau rataan sebesar 81,47 yang menunjukan adanya peningktan hasil belajar siswa pada materi SKI. Analisis data uji T menunjukan bahwa nilai One Sided p dan nilai Two-Sided p lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 (0,001 < 0,05). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diteriman yaitu adanya perbedaan dan pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Jslam di MTs Negeri 2 Dompu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...