JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Kemampuan Kognitif Pada Peserta Didik Kelas 4 SDN 2 Sendangdawuh

Widyananda, Ratih Tri (Unknown)
Yustiana, Sari (Unknown)
Jupriyanto, Jupriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Seiring perkembangan zaman, sistem pembelajaran terus berkembang. Oleh karena itu, guru perlu beradaptasi dengan menciptakan pembelajaran inovatif melalui pengembangan media yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Namun, pemanfaatan media pembelajaran masih belum optimal, sehingga motivasi belajar peserta didik menurun, mereka menjadi pasif, dan kurang memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan kognitif pada peserta didik kelas 4 SDN 2 Sendangdawuh. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental desain dengan desain one group pretest dan posttest. Teknik sampling penelitian ini menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 17 peserta didik. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini mengguanakan t-test diperoleh nilai sig. 0.001 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan kognitif pada peserta didik kelas 4 SDN 2 Sendangdawuh. Saran bagi guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi agar meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif peserta didik, sehingga lebih memahami materi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...