Seiring perkembangan zaman, sistem pembelajaran terus berkembang. Oleh karena itu, guru perlu beradaptasi dengan menciptakan pembelajaran inovatif melalui pengembangan media yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Namun, pemanfaatan media pembelajaran masih belum optimal, sehingga motivasi belajar peserta didik menurun, mereka menjadi pasif, dan kurang memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan kognitif pada peserta didik kelas 4 SDN 2 Sendangdawuh. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental desain dengan desain one group pretest dan posttest. Teknik sampling penelitian ini menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 17 peserta didik. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini mengguanakan t-test diperoleh nilai sig. 0.001 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan kognitif pada peserta didik kelas 4 SDN 2 Sendangdawuh. Saran bagi guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi agar meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif peserta didik, sehingga lebih memahami materi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025