JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Pendekatan Berdiferensasi sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas 3B SD Negeri Sembungharjo 01

Purnamasari, Reina Ashly (Unknown)
Yustiana, Sari (Unknown)
Ulia, Nuhyal (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Pendekatan Berdiferensiasi di SD Negeri Sembungharjo 01, dengan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran untuk siswa Kelas 3B. Pendekatan ini dirancang untuk mengakomodasi keberagaman kemampuan dan minat siswa. Metode kualitatif digunakan untuk memahami pengalaman siswa melalui wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa Pendekatan Berdiferensiasi meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa, dengan pengelompokan sesuai kemampuan yang membuat mereka merasa lebih percaya diri. Siswa dari berbagai kelompok, termasuk yang kurang mampu, merasakan keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan metode inovatif dan pelibatan orang tua untuk mendukung proses belajar di rumah, demi mencapai hasil yang lebih baik dalam pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...