Kurangnya pemahaman mahasiswa tentang pembelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan belajar mereka dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa PPG memahami pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks persiapan mengajar mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode yang berupa observasi langsung, dilengkapi dengan wawancara dan kegiatan perkuliahan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Gelombang 2 Tahun 2024 Universitas Islam Sultan Agung prodi Pendidikan guru sekolah dasar yang berjumlah 28 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi. Perubahan dalam persiapan mengajar mahasiswa dapat dilihat dari proses praktik mengajar di sekolah, dan peningkatan keterampilan mengajar ini berpotensi mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025