Era digital abad ke-21 menuntut sistem pendidikan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah penerapan teknologi dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknologi dalam LKPD serta tantangan dan manfaat yang dihadapi dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis digital (E-LKPD) memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memungkinkan pemberian umpan balik secara cepat. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya keterampilan guru dalam membuat E-LKPD, keterbatasan akses perangkat dan internet, serta ketergantungan siswa pada teknologi. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan guru, penyediaan infrastruktur, serta pengembangan konten yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025