Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak, pemahaman peraturan perpajakkan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di PT. Terang Nusantara Sepuluh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang bekerja di PT. Terang Nusantara Sepuluh sebanyak 37 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa nilai atau skor atas jawaban yang diberikan oleh responden terhadap pernyataan-pernyataan yang ada dalam kuesioner. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung, wawancara, kuesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas pelayanan pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kemudian pemahaman peraturan perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. dan sanksi perpajakan berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak.
Copyrights © 2025