JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif NU 02 Bruno Kabupaten Purworejo

Irawan, Yogi Ferdy (Unknown)
Khasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII di MTs Ma'arif NU 02 Bruno Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma'arif NU 02 Bruno Kabupaten Purworejo yang berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik proportional random sampling sebanyak 50 siswa, terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun yang terdiri dari lima item tes: lari 50 meter, gantung siku tekuk (putri) atau gantung angkat tubuh (putra), baring duduk 60 detik, loncat tegak, dan lari 800 meter (putri) atau 1000 meter (putra). Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII MTs Ma'arif NU 02 Bruno Kabupaten Purworejo secara keseluruhan berada dalam kategori: baik sekali 0% (0 siswa), baik 8% (4 siswa), sedang 42% (21 siswa), kurang 40% (20 siswa), dan kurang sekali 10% (5 siswa). Jika dilihat berdasarkan jenis kelamin, tingkat kebugaran jasmani siswa laki-laki berada dalam kategori: baik sekali 0% (0 siswa), baik 14,29% (4 siswa), sedang 46,43% (13 siswa), kurang 32,14% (9 siswa), dan kurang sekali 7,14% (2 siswa). Sedangkan untuk siswa perempuan berada dalam kategori: baik sekali 0% (0 siswa), baik 0% (0 siswa), sedang 36,36% (8 siswa), kurang 50% (11 siswa), dan kurang sekali 13,64% (3 siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII MTs Ma'arif NU 02 Bruno Kabupaten Purworejo masih berada dalam kategori sedang ke bawah, sehingga diperlukan upaya peningkatan melalui program aktivitas fisik yang terstruktur dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...