Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui seberapa besar pengaruh penerapan sistem Full Day School terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1Junjung Sirih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 yaitu 166 orang. Dengan jumlah sampel sebanyak 118 orang dimana teknik pengambilan sampel nya yaitu teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh besaran pengaruh penerapan sistem Full Day School terhadap motivasi belajar sebesar 36,9% dan nilai t hitung 8,242 sedangkan t tabel 2,29 maka hipotesis diterima. Taraf signifikan dalam penelitian ini yaitu 0,05.Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan sistem Full Day School terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih sebesar 36,9%.
Copyrights © 2025