JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Penerapan Sistem Full Day School terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih

Armadani, Putri (Unknown)
Ikhwan, Ikhwan (Unknown)
Basyirun, Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui seberapa besar pengaruh penerapan sistem Full Day School terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1Junjung Sirih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 yaitu 166 orang. Dengan jumlah sampel sebanyak 118 orang dimana teknik pengambilan sampel nya yaitu teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh besaran pengaruh penerapan sistem Full Day School terhadap motivasi belajar sebesar 36,9% dan nilai t hitung 8,242 sedangkan t tabel 2,29 maka hipotesis diterima. Taraf signifikan dalam penelitian ini yaitu 0,05.Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan sistem Full Day School terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih sebesar 36,9%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...