Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 6 No. 1 (2025): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pengenalan Digital Marketing Pada Usaha Mikro Guna Meningkatkan Pendapatan Usaha Masyarakat Desa Cemani Grogol Sukoharjo

Wulandari, Adinda Putri (Unknown)
Nurhayati, Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Usaha mikro desa Cemani memiliki permasalahan dalam hal pemasaran yang menjadikan penjualan rendah. Hal ini mendorong untuk dilakukan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengenalkan digital marketing di media sosial Instagram. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, serta memberikan pelatihan keterampilan praktis dalam membuat dan mengelola akun di media sosial seperti Instagram. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan meliputi sosialisasi dan pelatihan langsung kepada para pelaku UMKM di wilayah sasaran. Temuan yang dihasilkan dari program ini mengindikasikan terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan platform tersebut. Pemanfaatan digital marketing secara efektif bisa memudahkan pelaku UMKM dalam pemasaran dan penjualan produk mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan usaha. Diharapkan setelah berjalannya program pengabdian ini dapat meningkatan penjualan dan jangkauan pasar produk UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...