Usaha mikro desa Cemani memiliki permasalahan dalam hal pemasaran yang menjadikan penjualan rendah. Hal ini mendorong untuk dilakukan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengenalkan digital marketing di media sosial Instagram. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, serta memberikan pelatihan keterampilan praktis dalam membuat dan mengelola akun di media sosial seperti Instagram. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan meliputi sosialisasi dan pelatihan langsung kepada para pelaku UMKM di wilayah sasaran. Temuan yang dihasilkan dari program ini mengindikasikan terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan platform tersebut. Pemanfaatan digital marketing secara efektif bisa memudahkan pelaku UMKM dalam pemasaran dan penjualan produk mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan usaha. Diharapkan setelah berjalannya program pengabdian ini dapat meningkatan penjualan dan jangkauan pasar produk UMKM.
Copyrights © 2025